Kamis, 09 Mei 2013

Kamis, Mei 09, 2013 - No comments

5 Hewan Langka Yang Hampir Punah Di Dunia

Berikut ini adalah 5 hewan langka di dunia (ayo selamatkan hewan langka!)

5). Orangutan Sumatera

 Orangutan Sumatera hampir punah dari muka bumi karena perusakan atau penebangan liar pada hutan di Indonesia yang menjadi habitat mereka oleh manusia yang tak bertanggung jawab. Diperkirakan sekarang ini hanya ada sekitar 6.500 Orangutan yang tersisa di alam liar dan mereka siap untuk menjadi spesies kera besar pertama yang akan punah dari muka bumi.

4). Badak Hitam

 Pada tahun 1970-an setengah dari seluruh populasi badak di seluruh dunia musnah dan sekarang hanya tersisa kurang dari 2.500 ekor Badak Hitam di muka bumi. Ia dianggap sebagai mamalia yang paling terancam punah di dunia, spesies ini menghadapi bahaya kepunahan yang diakibatkan oleh perburuan liar yang mengincar tanduk mereka yang dijual hingga seharga $ 24,000 atau hampir setara dengan Rp. 240 juta di pasar gelap. Tanduk badak digunakan oleh orang Cina dan India sebagai obat tradisional yang diyakini dapat menyembuhkan sakit kepala dan sebagai simbol status bagi pria di Yaman.

3). Unta Bactrian

 Unta Bactrian adalah hewan yang hampir punah karena kehilangan habitatnya dan kekeringan. Hari ini, kira-kira hanya ada 950 ekor Unta Bactrian yang tersisa di alam liar dan berjuang untuk bertahan hidup di habitat asli mereka di gurun sebelah barat laut China dan Mongolia yang oleh Cina digunakan untuk uji coba nuklir mereka. Hewan yang malang ini juga diburu untuk olahraga dan dibunuh karena mereka adalah saingan bagi hewan ternak domestik dalam mendapatkan sumber makanan dan air.

2). Beruang Kutub

 Gambar atau film beruang kutub yang sedang berenang di habitatnya, es kutub yang secara perlahan sedang mencair, telah menjadi identik dengan peristiwa global warming atau pemanasan global. Saat ini, antara 20.000 hingga 25.000 ekor beruang kutub masih berkeliaran di luar sana, namun jika tren perubahan iklim terus saja berlanjut, para ilmuwan memperkirakan kalau beruang kutub akan benar-benar hilang dalam 100 tahun ke depan.

1). Gorilla Gunung

Pembalakan liar pada hutan dan degradasi alam merupakan faktor utama yang menyebabkan Gorilla Gunung akan terjadi dalam waktu dekat. Sekarang ini hanya tersisa 720 ekor dari spesies ini di muka bumi. Selain itu, pada tahun 2007 lalu ada peristiwa pembunuhan 10 ekor Gorilla Gunung di Republik Demokratik Kongo yang sangat mengancam usaha konservasi yang sedang dilakukan untuk menyelamatkan mereka dari kepunahan.

sumber

0 komentar:

Poskan Komentar